.....KEHAMILAN ADALAH SUATU ANUGRAH UNTUK ITU HARUS DISELAMATKAN......

Rabu, 06 April 2011

TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG HAID

ABSTRAK

Haid adalah hal yang wajar atau normal dalam kehidupan seorang wanita sehat yang sifatnya kompleks (meliputi unsur-unsur hormonal dan psikososial) yang sering disertai dengan gangguan fisik/ emosional dan hal ini perlu diketahui kenyataannya oleh setiap wanita yang telah remaja, termasuk keluhan dan masalah yang menyertainya, sehingga seorang wanita yang telah mengalami haid dapat menentukan sikap di saat menghadapi masa haidnya.
Penelitian ini ditinjau dari tingkat eksplanasi merupakan penelitian asosiatif menggunakan teknik simple random untuk mengetahui hubungan pengetahuan remaja putri (16-17 tahun) tentang haid dengan sikap remaja putri dala menghadapi haid di SMP dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden mempunyai pengetahuan tentang haid dalam kriteria cukup baik dan mempunyai sikap yang positif dalam menghadapi haid. Serta keduanya mempunyai hubungan, artinya tinggi/rendahnya pengetahuan remaja putri tentang haid akan mempengaruhi sikap remaja putri dalam menghadapi haid.
Dari hasil dan analisa tersebut, peneliti menyarankan kepada responden untuk selalu meningkatkan pengetahuan tentang haid dan permasalahannya dan tetap mempertahankan sikap positif dalam menghadapi haid. Pemberian informasi yang benar merupakan faktor penting dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang haid dan juga sikap remaja putri dalam menghadapi haid.

1.1 Latar Belakang
Pada gadis remaja, haid terjadi umur 10-16 tahun dan datang secara belum teratur . Tetapi lama-kelamaan yang kurang lebih 4 -6 tahun sejak menarche ( 17-19 tahun ) , siklus haid menjadi teratur sebulan sekali , kecuali hamil ( L lewellyu dan Jones 1989 ) .
Banyak dari sifat gangguan yang menyertai haid sangat individual , tergantung pandangan wanita terhadap proses fisiologik ini dan pada keyakinan wanita untuk membiarkan haidnya mengganggu pekerjaan sehari-hari . Wanita yang sangat emosional memberi arti yang berlebihan pada peristiwa haid , sedang wanita yang baik perkembangan psikologisnya menganggap sebagai hal yang biasa ( Danukusumo dan Affandi 1990 ) .
Dilaporkan dan diketahui secara luas bahwa lebih banyak penderita psikiatrik dirawat pada masa haidnya . Dan laporan tersebut diketahui bahwa pengetahuan yang didapat dari pengalaman saat terjadi haid terdahulu akan berpengaruh terhadap status mental wanita yang bersangkutan dalam bersikap terhadap haid , yaitu menerima atau malah stress selama haid ( Danukusumo dan Affandi 1990:26 ) .
Haid adalah hal yang wajar atau normal yang merupakan bagian intim dalam kehidupan seorang wanita sehat dan hal ini perlu diketahui kenyataan-kenyataannya . secara biologis maupun secara emosional , termasuk keluhan dan masalah yang menyertainya . Jika seorang wanita haid tanpa pengetahuan apapun mengenai apa sebetulnya yang terjadi maka kemungkinan akan menimbulkan rasa takut pada wanita yang mengalaminya dan tidak bisa mengambil sikap yang tepat terhadap keluhan dan masalah tersebut ( Margatan 1992 ) .
Di SMPN siswanya adalah sebagian remaja putri yang sudah mengalami haid . Remaja putri ini merupakan remaja yang mengalami rentang usia sering ditemukan keluhan nyeri haid ( Jacoeb , Endjun , Bariad , 1993:75 ) dan masa tersebut merupakan masa labil yang sering terjadi guncangan jiwa ( Sarwono , 2002 ) . Dengan demikian mereka belum dapat merespon terhadap proses haid secara positif utamanya respon terhadap kemungkinan keluhan-keluhan yang terjadi saat haid.
SMPN bahwa tingkat pengetahuan siswa yang haid diperkirakan masih kurang. Hal ini didukung dari catatan Kunjungan Puskesmas Pembantu dan Kunjungan Bidan desa, ternyata para remaja putri mengalami keluhan nyeri saat haid .

DAFTAR PUSTAKA

Affandi,B,1990, Gangguan Haid Pada Remaja dan Dewasa, Jakarta: FKUI
Alkatiri, S, 1996, Penuntun Hidup Sehat MenurutIilmu Kedokteran Moderen, Surabaya:
Airlangga Universisity press
Arikunto,S,1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka cipta
Baziad,A,dkk,1993, Endokrinologi Ginokologi,FKUI Jakarta : Kseri dan Media
Aesculapius
Dianawati ,A,2003, Pendidikan Sex Untuk Remaja,Jakarta: Kawan Pustaka
L lewellyn, D, jones,1989,Genokologi dan Keshatan Wanita,Jakarta: PT Gaya Favorit
Press
Margatan,A,1992 Apa Yang Harus Anda Ketahui pada Putra Putri Anda Tentang
Mentruasi ? ,Solo CV Aneka
Noto Atmodjo, S, 1997, Ilmu Kesehatan Masyrakat, Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam,2003, Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu
Keperawatan,Jakarta: Salemba Medika
Purwodarminta,1999 Kamus Bahasa Indonesia,Jakarta:Balai Pustaka
Raga Waluyo,B,1997,Ketegangan Premenstrual,Bandung: Pianir Jaya
Rahayu, 1998, Psikologi Perkembangan,Pengantar Dalam Berbagai
Bagian,Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Sarwono,WS,2002, PsikologiRemaja, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiono, 2000, Metodologi Penelitian Adminitrasi, Bandung: Alfa Beta
Sarwono Prawiroharjo,1997,Ilmu Kandungan,Edisi Kedua,Jakarta:Yayasan Bina Pustaka
http/www Infokes.com.18-10-2000 , Mentruasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar